Terpidana Mati Asal Tiongkok Ternyata Mantan Tentara, Sering Berburu di Hutan, Kini Dia Diburu

Cai Changpan alias Cai Ji Fan (kanan). Gorong-gorong tempat Cai Changpan melarikan diri yang berada di samping Lapas Kelas I Tangerang (kiri). (LAPAS KELAS 1 TANGERANG FOR JAWA POS-RENDY SETIAWAN/TANGERANG EKSPRES)

FAJAR.CO.ID — Terpidana mati yang merupakan warga negara Tiongkok, Cai Changpan, diduga kuat bersembunyi di hutan. Itu setelah dia melarikan diri dari Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Tangerang pada 14 September 2020.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus, mengungkapkan, polisi terus menyisiri hutan Tenjo, Bogor, Jawa Barat untuk mengejar terpidana mati kasus narkoba itu.

Usai melarikan diri beberapa waktu lalu, Cai Changpan disebut-sebut sempat mengunjungi istri dan anaknya di daerah tersebut.

“Tim masih bergerak di sana. Hari ini dibantu dan di-backup oleh teman-teman dari Brimob untuk melakukan pengejaran di dalam hutan (Tenjo),” ungkap Yusri kepada wartawan, Sabtu (3/10/2020).

Bahkan, jelas Alumnus Akademi Kepolisian (Akpol) 1991 itu, sebelum Cai Changpan berurusan dengan polisi, dia sering melakukan perburuan di dalam hutan itu.

“Memang Cai Changpan ini sebelum berurusan dengan aparat berwajib waktu masih tinggal di daerah Tenjo sana, memang sering melakukan kegiatan perburuan di dalam hutan,” kata Yusri.

Sehingga, kata mantan Kapolres Tanjungpinang tersebut, Cai Changpan paham betul dengan kondisi hutan Tenjo.

Terpidana mati itu diduga juga punya kemampuan bertahan hidup di dalam hutan. Sebab, dia pernah menjalani latihan militer di negaranya.

“Jadi dia menghafal hutan tersebut. Kenapa dia masih bertahan sampai dengan saat ini? Karena memang dia hafal daerah tersebut. Kedua memang adalah lulusan tentara di China sana. Dia belajar survive karena dia mantan tentara,” pungkas Yusri.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...