Android 11 Secara Resmi Hentikan Dukungan untuk Daydream VR Google

Ilustrasi DayDream VR Google. (Android Police)

FAJAR.CO.ID, TEKNO — Google secara resmi menghentikan dukungan realitas virtual Daydream dari Android 11 – langkah terakhir dalam penghentian sistemnya.

Seperti yang dicatat oleh Android Police, Google memposting pengumuman yang mengatakan bahwa versi terbaru Android tidak mendukung aplikasi platform VR.

“Aplikasi Daydream VR tidak lagi didukung oleh Google dan mungkin tidak berfungsi dengan baik di beberapa perangkat yang menjalankan Android 11 atau yang lebih baru,” bunyinya.

Faktanya, perangkat lunak Daydream tidak lagi didukung sama sekali, menurut Google. Daydream tidak akan menerima pembaruan, meskipun pengguna masih berpotensi dapat mengakses aplikasi VR pihak ketiga melalui Play Store.

Google telah mengesampingkan VR Daydream. Itu menghentikan headset Daydream View dan menjatuhkan dukungan pada ponsel Pixel baru pada tahun 2019.

Namun tetap mendukung aplikasi Daydream untuk pengguna yang ada. Sekarang, itu pun tampaknya sudah berakhir.

Daydream adalah salah satu dari dua platform VR berbasis telepon yang signifikan, bersama dengan Samsung Gear VR yang sekarang sudah tidak berfungsi.

Sementara itu, Google telah mengalihkan fokusnya dari VR ke augmented reality. Google terus mendukung sistem Cardboard VR yang lebih sederhana sebagai proyek sumber terbuka, termasuk merilis plug-in untuk pengembangan game Unity pada bulan Mei.

Namun, pengganti Daydream kemungkinan tidak akan hadir dalam waktu dekat. Mundurnya Google telah membantu memperkuat kekuatan Facebook – yang platform Oculusnya sekarang mendominasi VR konsumen.(fajar)

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...