Dinilai Terkendali, Angka Positive Rate Sulsel Capai 13,6 Persen

Ketua Tim Konsultan Covid-19, Prof Ridwan Amiruddin

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Ahli Epidemiologi Universitas Hasanuddin sekaligus Ketua Tim Konsultan Gugus Tugas Covid-19 Sulsel, Prof Ridwan Amiruddin mengatakan perkembangan penanganan kasus pandemi Covid-19 menunjukkan data yang cukup baik.

Ia mengaku angka positive rate di Sulsel sudah dapat dikendalikan, meski terbilang masih tinggi.

“Angka positive rate di Sulsel saat ini berada pada 13,6 persen, artinya data ini menunjukkan cenderung mengalami penurunan,” kata Prof Ridwan, Senin (5/10/2020).

Menurutnya, kondisi itu terjadi lantaran masifnya testing PCR yang dilakukan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

Diketahui terhitung sejak awal Maret hingga 5 Oktober 2020, jumlah kasus Covid-19 di Sulawesi Selatan mencapai 15.915 kasus.

Prof Ridwan menambahkan Gugus Tugas Sulsel sejauh ini telah melampaui angka standar minum testing PCR yang telah ditetapkan World Health Organization (WHO).

“Jumlah sampel yang harus diperiksa berdasarkan standar WHO sebanyak 1 per 1000 per pekan, sementara di Sulsel kita sudah mampu memeriksa sampel sebanyak 1.2 per 1000 per pekan,” bebernya.

Sedangkan pada indikator layanan kesehatan, lanjut Prof Ridwan, jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di sejumlah rumah sakit rujukan yakni sebanyak 15 persen dan pasien yang masuk dalam program duta Covid-19 sebanyak 10 persen.

“Dengan angka kesembuhan pada pasien yang masuk dalam program duta Covid mencapai 95 persen dan 0 persen untuk angka kematian,” tutupnya. (Anti/fajar)

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...