Galeri Anggrek Unhas, Wadah Kewirausahaan bagi Mahasiswa


FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Puluhan tanaman anggrek tampak berjejer rapi di atas rak dalam screen house berukuran 5 x 4 meter persegi. Beraneka warna bunga anggrek dari jenis Dendrobium, Phalaenopsis, hingga Vanda mengisi Galeri Anggrek yang menjadi bagian dari Fakultas Pertanian, Universitas Hasanuddin tersebut.

Beberapa mahasiswa yang mengenakan masker, terlihat tengah menyemprotkan larutan nutrisi, yang lain memasukkan pot-pot bunga ke dalam kardus-kardus berukuran besar, sebentar lagi bunga-bunga tersebut akan diantarkan ke pemilik barunya.

Di tengah terpuruknya berbagai sektor usaha akibat pandemi Covid 19, Galeri Anggrek Unhas yang digagas sebagai wadah pengembangan kewirausahaan bagi mahasiswa ini, justru mendapatkan momentum pertumbuhannya. Menurut penanggung jawab Galeri Anggrek Unhas Rinaldi Sjahril, di masa pandemi ini, omzet penjualan Galeri Anggrek justru melejit hingga lebih dari dua kali lipat.

“Permintaan anggrek meningkat selama masa WFH, banyak orang yang ingin sekedar menikmati bunga atau memelihara anggrek untuk melepas stress,” kata Rinaldi di Makassar.

Rinaldi menuturkan, Galeri Anggrek dirancang menjadi etalase untuk menunjukkan tanaman-tanaman anggrek hasil penelitian dan pengembangan Teaching Industry Universitas Hasanuddin, kepada masyarakat.

Anggrek-anggrek yang dijual dan dipamerkan di galeri ini sebagian besar merupakan hasil kultur in vitro dari Laboratorium Teaching Industry Universitas Hasanuddin.

“Konsepnya jelas, kami ingin mendekatkan hasil-hasil penelitian akademisi Unhas kepada masyarakat, kami menyuplai bibit anggrek bagi para pelaku usaha, sehingga mereka tidak perlu lagi mendatangkan bibit dari Jawa,” jelasnya.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...