Ini Penyebab Padamnya Listrik di Wilayah Jatim

Ilustrasi petugas PLN lakukan perbaikan jaringan listrik. (Dok. JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID, JATIM — PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBTB) menemukan bahwa padamnya listrik di beberapa wilayah Jawa Timur pada Sabtu (3/10) malam karena layang-layang.

”Berdasar hasil investigasi cepat Tim Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Madiun di jalur saluran udara tegangan tinggi (SUTT) 150 kV Manisrejo–Nganjuk, ditemukan layang-layang di Dusun Pencol, Wungu, yang tersangkut di jaringan SUTT,” kata General Manager PLN UIT JBTB Suroso seperti dilansir dari Antara di Surabaya, Minggu (4/10).

Sebelumnya, dilaporkan ada gangguan penghantar 150kV di wilayah Manisrejo–Nganjuk 1 dan 2 trip yang menyebabkan beberapa daerah di Jatim sempat padam sejak sekitar pukul 18.30 WIB hingga pukul 20.00 WIB. Daerah yang padam tercatat di Kota Madiun, Kabupaten Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, dan Nganjuk.

”Kami bersama seluruh unit bergerak cepat menangani gangguan yang terjadi di jalur transmisi tegangan tinggi dan ekstra tinggi (SUTT/SUTET) penghantar Nganjuk–Manisrejo 150 kV itu,” ujar Suroso.

Suroso mengatakan, gangguan itu juga mengakibatkan padamnya 12 gardu induk di wilayah kerja PLN UPT Madiun yang menyuplai listrik ke Jawa Timur sisi barat termasuk Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Nganjuk, dan daerah sekitarnya.

”Dengan gerak cepat Tim UPT Madiun membuahkan hasil dimana listrik padam karena layang-layang,” terang Suroso.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...