Lembaga Demografi FEB UI Sebut Ekonomi Digital Bantu Omzet UMKM

ekonomi

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) memaparkan kontribusi mitra salah satu managemen ojek online terbesar di Indonesia sangat berpengaruh termasuk kepada UMKM.

Memgingat di masa pandemi aktivitas masyarakat didominasi oleh ekonomi digital yang mengharuskan menggunakan sistem non tunai dan mengurangi intensitas bertemua antar warga.

Diketahui pada Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kota Makassar di tahun 2019 mencapai 4,8 triliun rupiah atau turut menggerakkan 3% PDRB kota Makassar.

Wakil Kepala Lembaga Demografi FEB UI, Dr. Paksi C.K Walandouw, mengatakan peran ekonomi digital seperti Gojek di masa pra pandemi memiliki potensi besar dalam membantun UMKM di Kota Makassar.

“Melalui peningkatan omzet UMKM GoFood, UMKM GoPay, dan social sellers GoSend. Selain itu, di masa pemulihan ekonomi saat pandemi, peran ekonomi digital menjadi semakin penting untuk menjadi mitra pertumbuhan para UMKM. Gojek juga mempercepat digitalisasi UMKM dan inklusi keuangan,” katanya, dikutip dari rilis yang diterima fajar.co.id, Senin (5/10/2020).

Menurutnya tidak hanya UMKM di dalam ekosistem Gojek, UMKM di luar ekosistem Gojek, seperti penyedia bahan baku di pasar dan bengkel kendaraan juga mendapatkan manfaat dari ekonomi digital dengan mengalami peningkatan omzet sebesar 9%.

Sementara Peneliti LD FEB UI, Dr. Alfindra Primaldhi, mengaku meski 76% mitra driver merasa khawatir dengan adanya Covid-19, namun 47% menunjukkan rasa kepedulian yang tinggi dengan memberikan bantuan sosial kepada keluarga, masyarakat yang membutuhkan, lembaga keagamaan, dan kepada sesama mitraGojek.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...