Taiwan Berharap Donald Trump Terus Lawan Tiongkok

Ketua parlemen Taiwan, You Si-kun mengatakan dia terkejut mendengar kabar Trump terkena Covid-19. Atas nama badan legislatif Taiwan, dia berharap Trump baik-baik saja. (Malay Mail)

FAJAR.CO.ID — Donald Trump mendapat dukungan dari Taiwan setelah dirinya terpapar Covid-19. Seperti diketahui, Amerika Serikat dan Taiwan memiliki kedekatan terkait konflik dengan Tiongkok.

Taiwan berharap Trump segera sembuh dari Covid-19 sehingga dapat terus memimpin dunia dalam melawan kekuasaan Tiongkok.Taiwan memang geram dengan Tiongkok. Mereka mendapat tekanan militer yang semakin parah dari Tiongkok, yang mengklaim Taiwan sebagai wilayah kedaulatannya. Angkatan Udara Tiongkok sering mengirimkan serangan mendadak ke Taiwan dalam beberapa pekan terakhir.

Ketua parlemen Taiwan, You Si-kun mengatakan dia terkejut mendengar kabar Trump terkena Covid-19. Atas nama badan legislatif Taiwan, dia berharap Trump baik-baik saja.

“Saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mendoakan dia (Donald Trump) cepat sembuh, jadi dia bisa terus memimpin dunia bebas dalam melawan kekuasaan komunis Tiongkok,” beber You seperti dilansir Reuters.

Sejak Trump menjabat sebagai Presiden AS, hubungan AS-Tiongkok telah anjlok ke titik terendah dalam beberapa dekade. Perselisihan antara dua negara mengenai isu perdagangan, Hongkong, Taiwan, dan berbagai masalah lainnya termasuk virus Korona.

Pemerintahan Trump telah membuat posisi berseberangan antara AS Tiongkok China sebagai platform kebijakan utama, dan telah sangat vokal dalam mengkritik catatan hak asasi manusia Tiongkok. Termasuk di wilayah Xinjiang atau Hongkong yang dikuasai Tiongkok.

Amerika Serikat seperti kebanyakan negara memang tidak secara resmi mengakui pemerintah Taiwan. Namun, AS adalah pemasok utama senjata dan pendukung internasional terkuat untuk Taiwan. (JPC)

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...