Inflasi Kembali Alami Tren Peningkatan Hingga 0,02 Persen

ILUSTRASI

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Badan Pisat Statistik Provinsi Sulawesi Selatan merilis data terbaru terkait inflasi gabungan 5 kabupaten kota di Sulawesi Selatan.

Tercatat per September 2020, inflasi di Sulsel mengalami tren peningkatan sebesar 0.02 persen atau dengan kata lain Indeks Harga Konsumen (IHK) naik dari 104,76 menjadi 104,79 pada September 2020.

Diketahui dari gabungan kelima kabupaten kota IHK terdapat tiga kota di antaranya Bulukumba, Makassar dan Pare-Pare dan dua kabupaten yakni Watampone dan Palopo.

“Makassar, Bulukumba dan Parepare itu mengalami inflasi tapi untuk Watampaone dan Palopo justru mengalami deflasi,” ucap Kepala BPS Sulsel, Yos Rusdiansyah, Selasa (6/10/2020).

Ia menyebut, inflasi tertinggi terjadi di Kota Parepare sebesar 0,18 persen dan deflasi tertinggi terjadi di Kota Watampone sebesar 0,31 persen.

“Inflasi terjadi karena adanya kenaikan di sebagian besar indeks kelompok pengeluaran, salah satunya seperti kelompok perawatan pribadi dan jasa sebesar 0,41 dan di kelompok ini mencapai inflasi tertinggi,” bebernya.

Selain kelompok perawatan pribadi dan jasa, terdapat beberapa kelompok pengeluaran yang juga turut andil menyumbang inflasi di Sulsel seperti kelompok makanan, minuman, dan tembakau sebesar 0,01 persen. Kelompok pakaian dan alas kaki sebesar 0,04 persen. Kelompok perumahan, air, listrik, gas, dan bahan bakar lainnya sebesar 0,01 persen. Kelompok kesehatan sebesar 0,21 persen. Kelompok transportasi sebesar 0,01 persen. Kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan sebesar 0,06 persen dan kelompok rekreasi, olahraga dan budaya sebesar 0,03 persen.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...