Kabar Baik, Sulsel dan Jatim Bukan Lagi Zona Merah Covid-19

Batas zona merah di depan tower RS Darurat Covid-19, kompleks Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta. Foto ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc.

FAJAR.CO.ID. JAKARTA– Kabar baik disampaikan Satuan Tugas Penanganan Covid-19. Dua provinsi di Indonesia, Jawa Timur (Jatim) dan Sulawesi Selatan (Sulsel) kini sudah tak berstatus zona merah penyebaran Covid-19.

Hal itu disampaikan oleh Juru Bicara Satgas, Wiku Adisasmito, Selasa (6/10/2020) di Jakarta. Kedua provinsi itu keluar dari zona merah, setelah tak ada lagi kabupaten/kota yang masuk zona merah.

“Dari segi zona risiko, kabupaten/kota zona merah di Jawa Timur dan Sulawesi Selatan pada pekan ini seluruhnya sudah berpindah menjadi zona oranye. Ini artinya tidak ada lagi zona merah,” kata Wiku.

Pihak Satgas berharap pencapaian dua daerah itu bisa diikuti provinsi lainnya. Terutama 8 provinsi lainnya yang menjadi fokus pemerintah dalam penanganan Covid-19. “Ini prestasi yang luar biasa dari dua provinsi ini,” ujarnya.

Wiku juga mengingatkan kepada provinsi yang masih menyumbangkan kasus positif, angka kematian tinggi, dan tingkat kesembuhan yang di bawah 70 persen.

Pria yang juga ahli penyakit infeksi ini, kedisiplinan protokol kesehatan masyarakat harus ditingkatkan, serta diiringi perbaikan penanganan pasien dengan gejala-gejala sedang dan berat.

“Kami mohon untuk terus meningkatkan jumlah kapasitas tes mingguan, meningkatkan kapasitas tracing, dan meningkatkan kualitas pelayanan pada pasien. Kedisiplinan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan,” ujarnya.

Pemerintah sendiri terus mengingatkan masyarakat soal kampanye 3M: memakai masker, menjaga jarak dan hindari kerumunan, serta mencuci tangan.(msn/fajar)

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...