Polisi Gencar Patroli Cyber

ILUSTRASI

FAJAR.CO.ID, MAROS — Warga Maros mesti hati-hati menggunakan media sosial (medsos). Tim cyber Polres Maros rutin memantau aktivitas di dunia maya.Media sosial akan ditongkrongi. Terutama akun-akun simpatisan calon kepala daerah. Patroli ini digelar untuk menghindari gesekan di antara masyarakat.

Kapolres Maros, AKBP Musa Tampubolon, mengatakan, tim cyber ini akan bertugas untuk memantau arus informasi yang beredar di media sosial. “Terutama informasi yang dapat menimbulkan perpecahan dan gangguan stabilitas keamanan,” ungkapnya, kemarin.

Apalagi kata dia, setiap perhelatan pilkada, media sosial selalu ramai dengan konten konten ujaran kebencian. Dia juga menilai masih banyak pengguna media sosial yang berlebihan dalam mengungkapkan pendapatnya. “Jika dinilai mengandung unsur fitnah apalagi SARA, maka sebaiknya informasi itu diabaikan,” imbaunya.

Dia menegaskan, penyebaran hoax hanya akan membawa malapetaka, bukan hanya untuk orang lain, tapi juga diri sendiri,”Risikonya juga tinggi, pelakunya bisa dipidana jika ikut menyebar di medsos,” katanya.Musa mengingatkan masyarakat terkait adanya undang-undang (UU) Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Ada aturan yang membatasi ruang gerak dalam dunia maya dan mengatur teknologi informasi secara umum. “Saya akan tindak tegas pelaku ujaran kebencian yang dapat mengganggu stabilitas keamanan,” tegasnya. (rin/dir)

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...