Tumbuh Positif di Tengah Pandemi, Presiden Jokowi Puji Kinerja Sektor Pertanian

Presiden Joko Widodo dan Menteri Pertanian SYL. (int)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Presiden Joko Widodo memberikan apresiasi khusus untuk sektor pertanian di bawah komando Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Bagaimana tidak, meski di tengah pandemi Covid-19. Kinerja sektor pertanian Indonesia tetap tumbuh positif, bahkan menjadi penyumbang tertinggi bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

“Di tengah pandemi ini, sektor pertanian kita mampu tumbuh 16,24 % dan jadi penyumbang tertinggi bagi pertumbuhan ekonomi nasional kuartal kedua,” kata Jokowi di akun media sosialnya, Selasa (6/10/2020).

Diketahui, ekonomi nasional terkontaksi hingga minus 5,32 persen pada kuartal II 2020. Hanya sektor pertanian yang mampu tumbuh positif 16,24 persen di tengah situasi pandemi Covid-19.

Jokowi mengatakan, petani dan nelayan perlu didorong untuk berkelompok dalam jumlah yang besar dalam sebuah korporasi. Sehingga, mereka memiliki skala ekonomi yang dapat mempermudah petani dan nelayan dalam mengakses pembiayaan.

Dia juga meminta Kementerian Pertanian bersama seluruh stakeholder lainnya menjaga kinerja sektor penyangga pangan itu. Terutama untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan dan petani.

“Pertumbuhan ini harus terus dijaga, dijadikan momentum untuk meningkatkan kesejahteraan petani maupun nelayan,” ungkap Jokowi.

Bukan hanya itu, Jokowi menuturkan skala ekonomi juga membuat para petani dan nelayan lebih mudah mengakses informasi, mengakses teknologi. Kemudian, juga dapat meningkatkan efisiensi dan bisa memperkuat pemasaran.(msn/fajar)

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...