Emrus Shombing Beber Kementerian yang Paling Banyak Disorot

Analis politik Emrus Sihombing

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pengamat komunikasi politik Emrus Sihombing menyebut, kinerja sejumlah kementerian banyak disorot publik akhir-akhir ini.

Terutama menjelang setahun masa kerja Kabinet Indonesia Maju. Emrus mengakui, di tengah sorotan publik tersebut juga muncul seruan agar Presiden Joko Widodo mereshuffle menteri-menteri terkait.

Antara lain, kementerian kesehatan yang disorot menyusul pandemi Virus Corona (COVID-19) yang melanda Indonesia.

“Jadi kementerian kesehatan ini salah satu yang saya lihat banyak disorot oleh publik kinerjanya kurang produktif,” ujar Emrus, kepada jpnn.com, Selasa (6/10).

Dosen di Universitas Pelita Harapan (UPH) ini juga menyebut kementerian di bidang perekonomian, termasuk di antaranya kementerian perindustrian, juga banyak disorot masyarakat. Pasalnya, pandemi COVID-19 telah mengakibatkan keterpurukan ekonomi. Selain itu, banyak karyawan yang diberhentikan atau dirumahkan.

“Ini juga banyak mendapat sorotan, bagaimana mereka menyikapi kondisi yang ada, apakah bisa menghandle dengan baik,” ucapnya.

Kementerian lain yang disorot, kementerian sosial. “Tetapi di sisi lain, kemensos saya akui telah melakukan tugas-tugasnya relatif lebih baik. Kemensos pernah dibicarakan termasuk yang penyerapan anggarannya tinggi,” ucap Emrus.

Menurut dosen di Universitas Pelita Harapan (UPH) ini, sorotan publik tidak melulu terkait kinerja yang kurang baik. Seperti contoh Kementerian PUPR, justru dinilai berkinerja baik di tengah pandemi COVID-19.

“Menurut pandangan saya, Kementerian PUPR di tengah covid-19 ini terus bekerja. Banyak proyek mereka yang tetap diresmikan. Misalnya jalan tol,” ucapnya.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...