SK Hynix Luncurkan DRAM DDR5 Pertama di Dunia, Tawarkan Kecepatan Transfer 1,8 Kali Lebih Cepat

SK Hynix Luncurkan DDR 5 DRAM pertama di dunia. (SK Hynix)

FAJAR.CO.ID, TEKNO — SK Hynix, pembuat chip memori terbesar kedua setelah Samsung, baru saja mengumumkan hari ini bahwa mereka telah merilis chip DDR5 DRAM (Double Data Rate dynamic random access memory) yang pertama di dunia.

Chip DDR5 DRAM yang baru memberikan peningkatan kinerja hingga 1,8 kali lebih cepat daripada memori generasi DDR4 sebelumnya.

Perusahaan Korea Selatan itu mengatakan telah menyelesaikan berbagai tes dan bahkan telah memberikan sampelnya kepada perusahaan mitra untuk diverifikasi. Salah satu mitra tersebut termasuk Intel.

DDR5 adalah standar DRAM generasi berikutnya, yang akan memiliki aplikasi luas mulai dari data besar, kecerdasan buatan, teknologi pembelajaran mesin, dan banyak lagi.

Menurut SK Hynix, DRAM DDR5 baru mendukung kecepatan transfer 4.800 hingga 5.600 Mbps, yang 1,8 kali lebih cepat dari 3.200 Mbps yang ditawarkan oleh DDR4.

Khususnya, kecepatan transfer tercepat 5.600 Mbps memungkinkan pengguna mengirimkan sekitar sembilan film FHD dengan ukuran masing-masing 5GB hanya dalam satu detik.

Meskipun kecepatan transfer lebih tinggi, chip DRAM baru juga lebih hemat energi dengan voltase operasi diturunkan dari 1,2 volt menjadi 1,1 volt, memungkinkan konsumsi daya 20 persen lebih sedikit.

Chip DDR5 baru juga dimuat dengan kode koreksi kesalahan (ECC) yang mampu mengoreksi kesalahan tingkat 1-bit sel DRAM dengan sendirinya.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...