Twitter Hadirkan Fitur Baru, Bisa Tangkal Hoaks

ILUSTRASI. (int)

FAJAR.CO.ID — Twitter sedang menguji fitur baru untuk platformnya yang disebut Birdwatch. Fitur ini terlihat mengandalkan crowdsourcing untuk membantu mengidentifikasi dan melaporkan kesalahan informasi.

Fitur baru yang sedang diuji terungkap dengan nama Birdwatch ditemukan oleh Matt Navarra. Birdwatch memungkinkan pengguna untuk menandai posting yang mungkin berisi informasi yang salah.

Pengguna kemudian dapat menambahkan catatan mereka sendiri ke dalamnya. Sehingga pengguna dapat menjelaskan lebih banyak informasi tentang tweet dan alasan mengapa itu palsu.

Ini akan membantu mengurangi beban Twitter dan bisa menjadi cara yang lebih efisien untuk mengidentifikasi postingan yang berisi berita palsu.

Namun, pada saat ini tidak jelas bagaimana ini akan bekerja dan apakah semua pengguna akan dapat menambahkan catatan atau dengan kata lain menyunting informasi tersebut. Atau hanya beberapa orang terpilih yang dapat melakukannya.

Yang pertama ini memang bisa jadi lebih efisien, tetapi sepertinya itu juga bisa disalahgunakan. Bagaimanapun, ini adalah pendekatan yang menarik dan kami harus menunggu dan melihat cara kerjanya jika dan ketika diluncurkan ke publik. (jpc)

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...