Angka Kematian Covid 19 di Makassar Tinggi, Diskes : Masyarakat Takut ke RS

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Kasus Kematian akibat covid 19 di Kota Makassar tergolong tinggi. Melampaui Jakarta sebagai episentrum penyebaran covid di tanah air.

Hal tersebut harus menjadi perhatian khusus dari Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar. Bagaimana agar kasus kematian bisa ditekan seminimal mungkin.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin mengakui bahwa kasus kematian di kota Makassar akibat Covid-19 diindikasi pihaknya karena ketakutan masyarakat terhadap RS.

“Banyak takut RS, biasanya kejadiannya sudah waktunya datang cuci darah, tidak datang takut Covid-19. Padahal sudah harusnya diantisipasi harus datang,” ungkapnya, Kamis (8/10/2020).

Naisyah juga mengungkapkan kasus kematian akibat Covid-19 dikarenakan sebelumnya tak diperiksa di RS. Namun dalam kondisi parah, masyarakat baru membawa ke RS dan baru terdeteksi Covid-19.

“Biasanya itu karena memang tidak ditangani di RS, didiamkan begitu, baru kalau kasusnya sudah parah, baru kita tahu ternyata Covid-19. Ini yang jadi masalah,” keluhnya

Olehnya itu, Naisyah mengimbau RT/RW untuk terus melakukan fungsi edukasi dan pengawasan pada warga agar kasus Covid-19 di sekitarnya bisa dideteksi lebih dini. (ikbal/fajar)

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...