Buruh dan Pelajar Ditangkap, Ganjar Pranowo Malam-malam ke Kantor Polisi

Gubernur Ganjar Pranowo menemui orang yang ditahan di Polres Semarang. Foto: Instagram

FAJAR.CO.ID, SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tiba-tiba menyambangi Mapolrestabes Semarang, Rabu (7/10) menjelang larut malam.

Ganjar datang sendirian sekitar pukul 22.00 untuk menjenguk para buruh dan siswa yang diamankan polisi. Berjaket dan memakai topi, Ganjar tak sungkan duduk lesehan dan berbincang dengan sejumlah siswa dan buruh yang diamankan.

Sesekali, Ganjar juga mencairkan suasana tegang dengan guyonannya. Para siswa yang diamankan itu dengan polosnya mengaku hanya ikut-ikutan aksi demo di depan Gedung DPRD Provinsi Jateng, siang kemarin. Ketika ditanya tuntutan demo, para siswa mengaku tak tahu.

“Bangun tidur, di rumah sepi lihat handphone status pada ramai demo terus ikut. Gak tahu demo apa. Tahunya demo RUU, gak tahu isinya apa,” kata para siswa itu saling sahut saat ditanya Ganjar.

Ada juga yang mengaku ikut-ikutan demo karena kebetulan. “Saya habis UTS melipir ndilalah saja pak,” katanya.

Ganjar juga menghampiri kelompok buruh dan mengobrol cukup lama. Mereka mengaku ikut demo karena takut tidak diberi pesangon ketika di PHK.

Namun para buruh yang ditanya Ganjar mengaku belum membaca naskah RUU Omnibus Law Cipta Kerja secara utuh. “Ya saya hanya baca dari share-sharean teman,” kata salah satu buruh.

Tak hanya tentang demo, Ganjar juga mengajak bicara soal kondisi ketenagakerjaan. Seorang buruh di perusahaan ekspedisi mengaku gajinya di bawah UMK. Ada juga karyawan warung kopi yang gajinya dipotong karena kondisi sulit di masa pandemi.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...