Capai 80 Persen, Diskes: Kasus Covid-19 Makassar Didominasi OTG

Naisyah Tun Azikin

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Kasus Covid 19 di Kota Makassar didominasi Orang Tanpa Bergejala (OTG). Bahkan mencapai 80 Persen dari total keseluruhan kasus.

“Di Makassar sendiri memang banyak kasus yang tak bergejala, sebanyak 80% bahkan itu merupakan kasus OTG,” ucap Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin di Posko Gugus Tugas Covid-19 Jalan Nikel Raya, Rabu (7/10/2020).

Berdasarkan data Tim Konsultan Covid-19 Gugus Tugas Covid-19, menyatakan kasus asimptomatik atau orang yang tak bergejala sebanyak 1214 yang telah mengikuti isolasi mandiri.

Kendati tanpa gejala, Naisyah menuturkan, pasien OTG mesti tetap harus diperhatikan perkembangan kondisinya. Sebab, kondisinya tiba tiba mengalami kritis.

Jika tidak diperhatikan kata Naisyah, kondisi pasien otg yang mencapai tingkat kritis bisa menyebabkan kasus kematian.

“Kadang juga ada yang punya tidak punya gejala, tiba-tiba kondisinya kritis, dibawa ke RS, ternyata penuh mi paru-parunya virus. Makanya itu yang kadang tidak terselamatkan,” paparnya

Olehnya itu, Kata Naisyah penting untuk tetap terus mendeteksi kasus Covid-19 yang tak memiliki gejala. Bahkan pihaknya akan terus melakukan tes swab untuk mendeteksi kasus Covid-19 yang tak bergejala. (ikbal/fajar)

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...