Debut Buruk, Pelatih Belanda, De Boer: Terlalu Banyak Kesalahan

Frank de Boer/News1

FAJAR.CO.ID, AMSTERDAM—Pelatih baru Belanda, Frank de Boer memulai tugasnya dengan kekalahan. Pada pertandingan pertamanya menghadapi Meksiko dalam laga persahabatan di Amsterdam, Tim Oranye kalah tipis 0-1.

Penyerang Wolverhampton Wanderers, Raul Jimenez menjadi mimpi buruk De Boer dan anak asuhnya. Ia menaklukkan kiper Belanda, Tim Krul lewat titik penalti di menit ke-60 setelah sebelumnya ia ditarik oleh Nathan Ake di area kotak terlarang.

Secara umum, penampilan Meksiko memang jauh lebih bagus. Mereka berkali-kali memaksa Krul melakukan penyelamatan. Sebaliknya, Belanda hanya memiliki peluang bagus melalui Luuk de Jong dan Memphis Depay. Selain loyo dalam serangan, barisan pertahanan mereka juga melakukan beberapa kesalahan yang membuat Meksiko bisa mengancam.

De Boer berdalih bahwa kekalahan itu biasa. Alasannya, ia sengaja menurunkan sebagian pemain pelapis. Termasuk pemain debutan Teun Koopmeiners dan Owen Wijndal. Menurutnya, tim terbaik ia persiapkan menghadapi Bosnia dan Italia di pertandingan Nations League pada Senin dan Rabu mendatang.

Meski demikian, mantan pelatih Inter Milan itu mengaku tetap menyesalkan hasil ini. “Selalu mengecewakan kalah, tetapi yang terbaik adalah tidak memainkan tim terkuat kami,” kata De Boer kepada televisi Belanda dikutip dari Reuters.

Ia menyebut, Meksiko lebih bagus di babak pertama. “Kami memulai dengan buruk, membuat terlalu banyak kesalahan yang tidak perlu dan tidak masuk ke permainan kami sendiri. Tentu saja kami bisa lebih baik,” jelasnya. (amr)

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...