Aspirasi Rakyat


Oleh: Itji Diana Daud

Aspirasi rakyat menginginkan UU Omnibus Law atau UU Cipta Kerja dihentikan atau ditarik.  DPR RI adalah wakil rakyat,  maka sudah selayaknya dalam menjalankan kekuasaan dan fungsinya  yaitu fungsi  legislasi, anggaran dan pengawasan, harus berdasarkan aspirasi dan kepentingan rakyat. 

Sedapat mungkin para anggota DPR RI bermanfaat bagi kepentingan rakyat. Karena jabatan itu merupakan amanah dari rakyat yang memilihnya, serta amanat dari UUD 1945 Pasal 20 A ayat (1). Bahkan, surat resmi dari PP Muhammadiyah mengemukakan bahwa filosofi UU Cipta Kerja sangat rapuh bertentangan dengan moralitas konstitusi 1945, sekaligus bertentangan dengan ideologi negara Pancasila dan realitas masyarakat akan semakin termarginalkan. 

**

Mungkin kita perlu sadari, bahwa serangga saja punya peran vital dan konsisten menjalankan fungsinya. Kita tahu, serangga  mahluk kecil lebih dahulu keberadaan nya di muka bumi dibandingkan manusia. Yaitu sejak 400 juta tahun yang lalu. Sedangkan manusia 1,8 juta tahun yang lalu. Makam dari segi populasi, serangga lah yang terbanyak dimana mencapai 50 persen dari jumlah hewan di muka bumi.

Peranan serangga dalam ekosistem sebagai  pemakan tanaman/herbivour juga merupakan bagian dari sebuah jaringan rantai makanan. Ada serangga atau hewan lain yang tidak bisa hidup tanpa adanya serangga/herbivour untuk dijadikan mangsa atau  inangnya. Oleh sebab itu serangga (hewan kecil ini) dapat memberi manfaat bagi mahluk lain tak terkecuali bagi manusia. Walaupun manusia selalu  membasmi  atau berusaha menghilangkan  dari ekosistem/dunia, karena serangga telah dianggap merugikan   secara ekonomi (pertanian), mengganggu kesehatan (vektor mikroorganisme penyebab penyakit, menyengat) dan merusak keindahan (merusak bangunan, kayu rumah).

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...