Butuh Banyak PP dan Perpres, Jokowi Janji Aturan Pendukung UU Cipta Kerja Selesai Paling Lambat 3 Bulan

Presiden Joko Widodo

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan Undang-undang Cipta Kerja akan tetap dilanjutkan. Bahkan dia bersama jajarannya segera menyusun aturan turunan UU Ciptaker itu melalui Peraturan Pemerintah (PP) dan Peraturan Presiden (Perpres).

Dalam keterangan persnys mengenai UU Cipta Kerja yang disiarkan dari Istana Bogor, Jumat (9/10/2020), Jokowi bilang UU baru itu memerlukan banyak aturan turunan.

“Jadi setelah ini, akan muncul PP dan Perpres yang akan kita selesaikan paling lambat tiga bulan setelah diundangkan,” kata Jokowi melalui saluran Youtube Sekretaris Negara.

Jokowi pun berjanji akan menyerap aspirasi warga dan pemerintah daerah dalam menyusun PP maupun Perpres soal UU Ciptaker.

“Kita, pemerintah, membuka dan mengundang masukan-masukan dari masyarakat, dan masih terbuka usulan-usulan dan masukan dari daerah-daerah,” sebutnya.

Pemerintah berkeyakinan melalui Undang-Undang Cipta Kerja ini, jutaan pekerja dapat memperbaiki kehidupannya dan juga penghidupan bagi keluarga mereka.

Diketahui, dalam Undang-Undang tersebut, terdapat 11 klaster yang secara umum bertujuan untuk melakukan reformasi struktural dan mempercepat transformasi ekonomi.

Adapun klaster tersebut adalah:

– Urusan Penyederhanaan Perizinan;– Urusan Persyaratan Investasi;– Urusan Ketenagakerjaan;– Urusan Pengadaan Lahan;– Urusan Kemudahan Berusaha;– Urusan Dukungan Riset dan Inovasi;– Urusan Administrasi Pemerintahan;– Urusan Pengenaan Sanksi;– Urusan Kemudahan, Pemberdayaan, dan Perlindungan UMKM;– Urusan Investasi dan Proyek Pemerintah; serta– Urusan Kawasan Ekonomi.(anti/fajar)

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...