Kampanye di Masa Pandemi, Pengamat: Virtual Saja Susah

Ilustrasi

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Beberapa pasangan calon kepala daerah di Sulsel mulai aktif menjalin koordinasi dan kampanye, melalui jalur virtual atau jaringan di masa pandemi Covid-19 ini.

Baik koordinasi dengan internal calon, dan para pendukung. Namun langkah itu dianggap sangat sulit dilakukan, apalagi mengharapkan hasil yang sangat maksimal.

“Budaya politik kerumunan massa, masih sulit diurai dan ditertibkan ke kanal virtual. Sebuah potensi besar penyebaran wabah,” kata Pengamat Politik Unismuh Makassar, Andi Luhur Prianto, Jumat (9/10/2020).

“Bagaimana mau menjamin tahapan itu steril dari penyebaran wabah, sementara tokoh kunci penyelenggara sudah terpapar. Pola koordinasi saja virtual masih sulit di lakukan,” sambung Luhur melalui pesan singkat.

Seperti pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan dan Abd Rauf Malaganni. Pasangan petahana ini menggelar kampanye virtual dengan para pendukungnya, pada 24 September 2020 lalu, di Jalan Poros Gowa – Takalar, Kecamatan Pallangga.

Sebagian relawannya juga sempat melihat langsung kampanye itu. Namun jumlah relawannya itu dibatasi untuk mencegah peredaran Covid-19.

Sejumlah relawan tetap ikut melihat calon Bupati idamannya secara langsung, saat mengikuti kampanye virtual. Namun mereka tetap diwajibkan jaga jarak dan pakai masker. (Ishak/fajar)

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...