Kuat Politik

Dahlan Iskan

Oleh: Dahlan Iskan

BARU dua hari lalu saya mengatakan Jokowi adalah presiden yang paling kuat secara politik. Dibanding semua presiden selama 22 tahun terakhir.

Begitu mudah pemerintah melahirkan UU baru. Termasuk UU KPK, UU Covid, dan terakhir UU Omnibus Law –UU Cipta Kerja.

Tapi hari-hari ini pemerintahan Jokowi menerima tantangan di bidang nonpolitik: yakni di bidang keamanan dan ketertiban. Khususnya dalam menghadapi demo besar  kalangan buruh dan mahasiswa.

Apakah kali ini Jokowi juga kuat menghadapi tantangan dari lapangan ini? Bisakah sekuat seperti kemarin-kemarin –ketika menghadapi tantangan serupa setelah disahkannya UU KPK dan yang lainnya?

Para pengusaha kini juga lagi mengamati cara apa yang akan dilakukan pemerintahan Jokowi dalam menundukkan demonstrasi buruh dan mahasiswa ini? Apakah sama dengan cara yang dipakai di peristiwa yang sama kemarin-kemarin?

Para pengusaha umumnya memang terkejut oleh keberanian pemerintah mengajukan RUU Cipta Kerja itu. Para pengusaha justru tidak terkejut kalau DPR dengan cepat mengesahkan nya –itu sudah bisa ditebak.

Begitu beraninya pemerintah membidani UU Cipta Kerja ini sehingga banyak yang kaget: lho kok ditentang buruh begitu seriusnya? Dikira pemerintah sudah mengantisipasi besarnya reaksi itu.

Tapi apakah UU Cipta Kerja ini sangat penting bagi pengusaha? Apakah UU Cipta Kerja ini menjadi jaminan majunya perekonomian nasional?

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...