Produsen Kembangkan Lapisan Karbon Seperti Berlian untuk Layar Smartphone

Ilustrasi layar pecah

FAJAR.CO.ID, TEKNO — Gorilla Glass, kaca khusus yang diproduksi oleh Corning untuk perangkat elektronik, khususnya gadget genggam seperti smartphone dapat ditemukan di mana saja.

Selama bertahun-tahun, Corning meningkatkan kaca dan saat ini berada di generasi ketujuh yang disebut Gorilla Glass Victus.

Meskipun lebih baik dari pendahulunya, sebuah laporan menyatakan bahwa Apple dan produsen smartphone lainnya ingin membuat Gorilla Glass tahan lama dengan menggunakan lapisan karbon seperti berlian (DLC).

Sebuah laporan yang diposting di Seeking Alpha oleh Robert Castellano (via PhoneArena) mengutip studi SquareTrade anak perusahaan Allstate dari November 2018 bahwa orang Amerika menjatuhkan lebih dari 50 juta layar pada tahun 2017 dan menghabiskan $ 3,4 miliar untuk memperbaikinya.

Jumlah yang mengejutkan sebesar $ 14 miliar telah dihabiskan untuk perbaikan oleh orang-orang di AS dari tahun 2007 hingga 2017.

Satu survei bahkan mengungkapkan bahwa pengguna iPhone enam kali lebih mungkin untuk merusak handset mereka daripada kehilangan atau dicuri.

Inilah alasan mengapa Apple dan perusahaan smartphone lainnya mempertimbangkan untuk menggunakan lapisan karbon seperti berlian di atas Gorilla Glass.

Lapisan ini, dengan sifatnya seperti gesekan rendah, kekerasan tinggi, dan ketahanan korosi tinggi, dapat meningkatkan daya tahan Gorilla Glass atau kaca aluminosilikat apa pun.

Lapisan DLC juga memiliki sifat seperti konduktivitas termal dan resistivitas listrik. Oleh karena itu, mereka dapat digunakan sebagai pelapis pelindung tidak hanya pada layar tetapi juga pada sensor dan semikonduktor fleksibel.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...