Saran Emrus Sihombing untuk Amien Rais jika Ingin Partai Ummat Laku

Analis politik Emrus Sihombing

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pengamat komunikasi politik Emrus Sihombing menyarankan parpol baru yang didirikan Amien Rais, Partai Ummat, melakukan sejumlah terobosan agar tidak layu sebelum berkembang.

“Kalau programnya sama dengan partai-partai lain, saya pikir tidak akan memiliki nilai jual,” ujar Emrus kepada jpnn.com, Jumat (9/10).Pengajar di Universitas Pelita Harapan (UPH) ini kemudian menyarankan beberapa langkah terobosan yang dapat diambil.

Langkah pertama, semua kader partai tersebut, terutama petingginya melaporkan harta kekayaan secara terbuka di laman partai.

“Jadi, begitu partai disahkan, semua kader partai dan pengurus melaporkan harta kekayaan secara terbuka melalui laman partai,” ucap Emrus kepada jpnn.com, Jumat (9/10).

Langkah kedua, kata direktur eksekutif EmrusCorner ini, Partai Ummat misalnya membuat pakta integritas dan pernyataan terbuka kepada masyarakat.

“Jadi, kalau misalnya ke depan ada kader atau petinggi partai yang ditetapkan sebagai tersangka kasus pidana, akan langsung dipecat,” ucapnya.

Pengajar di Universitas Pelita Harapan ini kemudian menyarankan terobosan ketiga.

Pendiri Partai Ummat, dalam hal ini Amien Rais, sebaiknya tidak menjadi tokoh sentral nantinya.

“Jadi, Pak Amien misalnya, itu hanya memulai. Artinya boleh menjadi tokoh sentral di tahap awal. Dia penting mengatakan, setahun ke depan, akan melahirkan tokoh baru dan bukan bagian dari dinasti politik,” katanya.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...