Ditjen Hortikultura Siap Terapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID — Direktorat Jenderal (Ditjen) Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan) siap menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 guna meningkatkan pelayanan publik, khususnya menyangkut pendaftaran varietas, pemasukan ataupun pengeluaran benih, dan rekomendasi impor, sekaligus mengoptimalkan realisasi kebijakan dan mengakselerasi sektor pertanian.

Langkah itu, terang Sekretaris Ditjen Hortikultura, Retno Sri Hartati Mulyandari, sesuai arahan Menteri Syahrul Yasin Limpo yang menginginkan Kementan meningkatkan pelayanan publik agar sektor pertanian terus bertumbuh. Dengan begitu, kembali menjadi penopang pembangunan perekonomian nasional.

“Apalagi dalam situasi pandemi saat ini, di mana perekonomian dunia memburuk, termasuk Indonesia. Namun, kebutuhan pangan tetap harus terpenuhi. Sehingga, perlu akselerasi agar realisasi kebijakan dirasakan manfaatnya tanpa mengabaikan prosedur dan ketentuan,” ucapnya, saat memberikan sambutan dalam sosialisasi Sistem Manajemen Mutu (ISO) Lingkup Ditjen Hortikultura di Kota Depok, Jawa Barat, Kamis (8/10/2020).

Kepala Seksi Fasilitasi Industri dan Organisasi Publik Badan Standardisasi Nasional (BSN), Tegar Ega Pragita, memaparkan, instrumen penilaian kinerja unit pelayanan publik sesuai ISO 9001 diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan RB) Nomor 38 Tahun 2012. Detailnya, visi, misi, dan motto pelayanan dengan bobot 5%; standar pelayanan dan maklumat pelayanan (25%); sistem, mekanisme, dan prosedur (10%), sumber daya manusia (17%); sarana prasarana pelayanan (8%); penanganan pengaduan (10%); indeks kepuasan masyarakat (10%); informasi pelayanan publik (7%); serta produktivitas dalam pencapaian target pelayanan (8%).

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...