Andi Nirawati – Lutfi Hanafi: Siap Mewakafkan Diri Memimpin Pangkep

M. Rusydi Arif, Direktur Damai Bangsa Institute

M. Rusydi ArifDirektur Damai Bangsa Institute

Di tengah kontestasi perebutan elektoral, 4 kandidat yang telah lolos dan resmi terdaftar di KPUD Pangkep sejak tanggal 23 Sepember 2020 sebagai kandidat yang akan bertarung, masing-masing telah merumuskan konsep dan strategi yang dianggap efektif untuk memenangkan pertarungan yang akan ditentukan pada tangggal 9 Desember 2020.

Dalam rumus perang, salah satu cara ampuh untuk memenangkan sebuah pertarungan adalah kejelian membaca kelemahan dan peta kekuatan lawan. Mengetahui kelemahan dan kekuatan setiap lawan dalam sebuah kontestasi pertarungan [ politik ], maka sesungguhnya separuh tangga kemenangan sudah digapai.

Proses menapaki tangga kemenangan yang secara teknis dan konseptual dilakukan oleh tim dan paslon itu sendiri sejatinya dibutuhkan adanya kesadaran kolektif-ideologis dan sikap konsisten yang secara terus menerus mesti dirawat dan dan dijaga. Dengan demikian, tahapan selanjutnya dengan medan pertarungan seberat apapun tidak menjadi soal, dan dengan begitu, pintu kemenangan akan mudah diraih, yaitu tinggal menjaga ritme dan efektifitas kerja politik tim pemenangan yang lebih inovatif dan aplikatif.

Sebab, pola kerja pemenangan yang tidak bertitik tolak dari kesadaran kolektif-ideologis antar tim pemenangan berpotensi mudah “masuk angin” karena pilihan politiknya lebih pragmatis. Fenomena tim pemenangan “masuk angin” lazim kita jumpai dan dengan mudahnya berpindah haluan dari tim pendukung satu paslon berpindah ke paslon lain.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...