Dibuka hingga Desember, 10.813 UMKM Makassar Telah Lolos Verifikasi BLT 2.4 Juta

Ilustrasi UMKM

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Upaya membantu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di tengah pandemi Covid 19 terus dilakukan pemerintah pusat. Kali ini, para pelaku usaha kecil menengah (UKM) diberikan bantuan langsung tunai (BLT).

Bantuan sebanyak Rp.2,4 Juta akan diberikan langsung kepada setiap UMKM bagaimana agar tetap bertahan di tengah terpaan pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM (Diskop UMKM), Evi Apriyalti mengatakan, khusus di Kota Makassar sudah 10.813 UMKM yang tercatat dan lolos verifikasi di pusat. Sementara 2.173 di antaranya telah menerima kucuran dana tersebut.

Diketahui, data 2019, Diskop mencatat sebanyak 13.277 UMKM yang terdiri dari usaha rumah tangga sebanyak 5.311, usaha mikro sebanyak 4.647 serta usaha menengah sebanyak 3.319.

Sedangkan selisih sebanyak kurang lebih 2.464 UMKM yang terdata di Diskop, namun tidak mendapatkan BLT.

Menurut Evi, penyebab UMKM yang tidak lolos verifikasi Diskop yakni belum sampainya informasi bantuan hingga kriteria yang dianggap kurang memenuhi indikator sebagai UMKM penerima BLT.

“Sudah ada yang menerima pembayaran, kami dari Diskop koordinasi setiap minggu dengan BRI selaku bank penyalur bantuan, tentang jumlah yang sudah disalurkan,” ucapnya, Senin (12/10/2020).

Sementara, untuk UMKM yang lolos verifikasi Diskop namun belum menerima bantuan, pihaknya tengah menginput dan mendaftarkan data UMKM tersebut secara berkala ke pemerintah pusat untuk kemudian divalidasi dan disalurkan melalui rekening BRI masing-masing.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...