Lucid Saudi

Disway

Oleh: Dahlan Iskan

NAMANYA: Lucid, Amerika. Jarak tempuhnya: bisa 830 km, sekali setrum. Bekingnya: Saudi Arabia, lewat PIF.

Mobil listrik itu mulai diproduksi tahun depan. Sudah di depan mata. Jarak tempuhnya sudah sangat ideal.  Dari Surabaya ke Jakarta tidak perlu berhenti untuk isi listrik.

Edward Ludlow sudah mencoba Lucid. Ia adalah tokoh independen tepercaya untuk menguji sebuah mobil. Lihatlah bagaimana Ludlow melakukan tes berbagai macam mobil baru.

Hasil tes lapangan yang dilakukan Ludlow terhadap Lucid: jarak tempuh Lucid yang nyata di lapangan adalah 733 km sekali charge. Itu pun sangat oke. Tetap bisa untuk jarak tempuh Jakarta—Surabaya. Yang kalau di Amerika berarti sama dengan dari Los Angeles ke Las Vegas.

Memang antara teori dan praktik tidak sama. Daya jelajah 830 km seperti yang dipromosikan itu adalah hasil uji coba di laboratorium.

Saat dipraktikkan di lapangan pun bisa saja mirip. Asal mengemudikannya sangat disiplin. Misalnya: kecepatan harus sangat konstan.

Tidak pernah ngerem. Yang berarti tidak pernah tancap pedal. Sedang yang dilakukan Ludlow adalah: mengemudikan mobil secara normal sebagaimana lalu lintas apa adanya.

Yang menarik, CEO Lucid ini adalah mantan kepala proyek engineer model S mobil listrik Tesla: Peter Rawlinson.

Tentu Rawlinson ingin Lucid lebih hebat dari Tesla. Maka ia pun mendeklarasikan bahwa Lucid adalah mobil yang terbaik di dunia. Aerodinamikanya.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...