Pekerja Swasta dan IRT Paling Banyak Sumbang Kasus Covid-19 di Makassar


FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Dibukanya kembali sektor perkantoran nyatanya membuat banyak pegawai terpapar Covid-19. Bahkan paling banyak menyumbang kasus di Kota Makassar.

Ahli Epidemiologi Unhas, Ansariadi menyebutkan, pekerja kantoran merupakan profesi penyumbang kasus terbesar di Kota Makassar. Setidaknya dalam dua bulan terakhir.

“Urut satu itu yang terbanyak pada karyawan swasta, di bulan Agustus sebanyak 210 orang, kemudian bulan September, sebanyak 137 orang,” ungkapnya saat ditemui di posko covid Makassar, Jalan Nikel Raya, Senin (12/10/2020).

Ansariadi menambahkan, kluster perkantoran merupakan salah satu penyebab banyaknya Ibu Rumah Tangga (IRT) yang ikut terpapar Covid-19. Bahkan menempati urutan kedua dengan 118 kasus.

“IRTkan hanya di rumah, kenapa bisa banyak, nah bapaknya mungkin bekerja di perkantoran, balik dari rumah istrinya juga terkena,” jelasnya.

Menurut Ansariadi, perlu penanganan khusus pada karyawan swasta, untuk memutus mata rantai Covid-19. Seperti, melakukan tes swab massal pada karyawan swasta untuk mengidentifikasi Covid-19.

“Harus kita pikirkan (swab) di perkantoran. Kalau kasus Covid di perkantoran bisa dikurangi, maka bisa dikurangi juga kasus (Covid-19) pada IRT. Pada dasarnyakan, ini yang bawa pulang ke rumah,” tandasnya. (ikbal/fajar)

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...