UMI Tambah Dosen Berkualifikasi Doktor di Fakultas Sastra

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Dosen berkualifikasi gelar doktor bertambah di Fakultas Sastra Universitas Muslim Indonesia (UMI). Ini menyusul salah satu dosen meraih gelar doktor di Universitas Negeri Makassar (UNM) atas nama Salmayati.

Dia meraih gelar doktornya dengan sukses mempertahankan disertasinya di hadapan penguji dalam promosi doktor Pendidikan Bahasa Indonesia PPS UNM, Selasa (13/10/2020).

Para penguji di antaranya, Prof Dr Johar Amir MHum, selaku Promotor, Prof. Dr. Hamsu Abdul Gani, M.Pd dan Dr. Salam M.Pd selaku ko promotor. Sementara penguji internal UNM adalah Prof. Dr. Muhammad Rapi Tang M.S dan Prof. Dr. Anshari, M.Hum, dan Dr. Hj, Kembong Daeng, M.Hum, serta Dr. Mas’ud Muhammadiah M.Si selaku penguji eksternal.

Dalam disertasinya, akademisi yang pernah menjabat dua kali sebagai Ketua Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia itu mengambil judul “Analisis Kesalahan Penggunaan Bahasa Indonesia Dalam Wacana Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muslim Indonesia”.

Dalam pemaparannya, Salmayati menjelaskan bahwa disertasi ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan penggunaan bahasa dan sastra Indonesia dalam wacana ilmiah. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UMI.

“Prosedur yang digunakan dalam menganalisis kesalahan Bahasa Indonesia berdasarkan tataran linguistic Model Leonard Bloomfield dan Teori pembakuan bahasa model Hasan Alwi. Ada 4 tahapan yang ditempuh dalam disertasi ini,” ungkap Salmayati.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...