Anggaran PEN Bank Sulselbar Fokus Salurkan ke UMKM

Anggaran PEN Bank Sulselbar Fokus Salurkan ke UMKM

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Dalam mempercepat pemulihan ekonomi di Sulsel, pemerintah juga telah menempatkan dana PEN sebesar Rp1 triliun kepada Bank Sulselbar dengan leverage sebanyak dua kali.

Plt Direktur Utama Bank Sulselbar, Irmayanti Sulthan mengatakan, penempatan dana pemerintah tersebut telah diterima pada Jumat, 2 Oktober. Nah, penyaluran hingga Kamis, 8 Oktober telah tersalur di atas 5 persen atau sebesar Rp107 miliar kepada 700 debitur.

“Jadi enam hari kerja sejak penempatan dana tersebut, kami telah salurkan sebesar Rp107 miliar. Target penyalurannya harus habis dalam enam bulan ke depan atau sampai Maret 2021,” kata Irmayanti kemarin.

Irmayanti menambahkan, bahwa sektor UKM komoditas ekspor khususnya pertanian dan sektor produktif akan menjadi fokus penyaluran kredit yang jumlahnya mencapai 60-65 persen dari total dana PEN.

“Kita bikin skim khusus. Jadi bunga untuk ultra mikro lebih rendah dari bunga KUR. Kalau KUR itu kan bunganya 6 persen, ini kita kasih hanya 5 persen. Karena ini betul-betul memperhatikan untuk kesejahteraan petani dan pedagang kecil yang super mikro,” paparnya.

Kepala OJK Regional 6 Sulawesi, Maluku dan Papua (Sulampua) Moh. Nurdin Subandi menjelaskan, penempatan dana PEN kepada beberapa BPD diantaranya BPD Sulselbar sebesar Rp1 triliun, sebagai upaya mengungkit pertumbuhan perekonomian melalui penyaluran kepada UMKM sebagai penggerak.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...