Harga Vaksin Covid-19 di Indonesia

ONLY FOR CLINICAL TRIAL: Petugas kesehatan menunjukkan contoh vaksin saat simulasi uji klinis kemarin. (TAOFIK ACHMAD HIDAYAT/RADAR BANDUNG)

FAJAR. CO. ID,JAKARTA – Pemerintah menargetkan vaksin COVID -19 sudah bisa beredar di masyarakat pada Januari 2021 mendatang. Direktur Utama PT Bio Farma, Honesti Basyir memastikan harga vaksin di Indonesia di kisaran Rp200 ribu.

Hal itu disampaikan Honesti Basyir menanggapi pemberitaan yang menyatakan Sinovac sudah menandatangani kontrak pengadaan vaksin dengan Brazil. Harga yang dijual USD 1.96 per dosis. Namun, harga tersebut dibantah oleh pihak Sinovac, melalui surat resmi yang dikirimkan ke Bio Farma.

“Informasi harga vaksin COVID-19 di Brazil, telah kami klarifikasi ke Sinovac. Mereka sudah mengirimkan surat elektronik resmi ke Bio Farma. Sinovac memastikan informasi tentang kontrak pembelian 46 juta dosis senilai USD 90 juta dengan Brazil tidak tepat. Begitu juga harga USD 1,96 per dosis pun tidak tepat,” ujar Honesti di Jakarta, Selasa (13/10).

Bio Farma, lanjutnya, berkomitmen mendukung upaya pemerintah menghadirkan vaksin COVID-19 dengan harga yang terjangkau. Tujuannya memberi perlindungan bagi penduduk Indonesia.

Menurut Honesti dalam penentuan harga vaksin COVID-19, ada beberapa faktor yang menentukan. Salah satu faktornya adalah tergantung pada investasi pada studi klinis fase tiga. Terutama dalam uji efikasi dalam skala besar. “Demikian juga dengan penentuan harga di Indonesia. Dengan kata lain, skema pemberian harga vaksin COVID-19 tidak dapat disamakan,” paparnya.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...