Ingatkan Warga Disiplin Pakai Masker, Anies Baswedan Sebut Lebih Tidak Nyaman Terkena Covid-19

ILUSTRASI. Masyarakat diminta tetap menggunakan masker ketika berkegiatan di luar rumah. Sebab, jika tidak akan memberikan dampak buruk bagi diri sendiri dan orang lain. (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta masyarakat tetap menggunakan masker ketika berkegiatan di luar rumah. Sebab, jika tidak akan memberikan dampak buruk bagi diri sendiri dan orang lain.

Anies mengatakan, warga yang tak mau memakai masker saat beraktivitas di luar rumah akan mudah tertular Covid-19. Ketika dia tertular, maka berpotensi menularkan kembali ke orang lain, terutama keluarganya sebagai orang terdekat.

“Kita harus sampaikan memang ini (memakai masker) tidak nyaman, tapi juga perlu kita sampaikan jauh lebih tidak nyaman bila terkena Covid-19,” kata Anies.

Menurutnya, ketidaknyamanan memakai masker bukan alasan untuk tidak menerapkan protokol kesehatan. Sebab, ancaman penularan virus jauh lebih merugikan masyarakat.

“Harus kita sampaikan kepada publik bahwa memakai masker itu tidak nyaman, kalau di ruangan ber-ac alhamdulillah pakai masker tidak terlalu membebani, tapi di tempat yang tidak ber-ac apalagi petugas-petugas kita dilapangan, pakai masker itu amat tidak nyaman,” imbuhnya.

Anies menjelaskan, kedisiplinan masyarakat menggunakan masker merupakan langkah paling efektif menekan penularan. Sebab, sampai saat ini vaksin dan obat Covid-19 belum ditemukan.

“Di dalam kendaraan umum tidak saling kenal semuanya menggunakan masker dengan disiplin, tapi begitu sampai kantor maskernya dicopot, ngobrol sampai kafetaria, ngobrol dan terjadilah penularan, kedisiplinan untuk menggunakan masker terus menerus saya rasa bisa menjadi pesan masyarakat,” tandasnya. (jpc/fajar)

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...