Jadi Orang Ketujuh yang Terima Keris, Tjahjo Kumolo: Saya Telah Menjadi Bagian Rakyat Gowa

Menpan RB, Tjahjo Kumolo menerima keris dari Raja Gowa

FAJAR.CO.ID, GOWA – Raut wajah sumringah dipancarkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Tjahjo Kumolo saat berkunjung ke Kabupaten Gowa, Rabu (14/10/2020).

Pria kelahiran di Jawa Tengah, 1 Desember 1957 ini datang bersama rombongannya di Museum Balla Lompoa, Sungguminasa. Tjahjo saat itu mengenakan Pattonro warna merah di kepalanya.

Dalam kunjungannya di Butta Bersejarah ini, Tjahjo mendapat hadiah dari Kerajaan Gowa berupa benda pusaka yang dianggap jadi saksi bisu, perjuangan para pahlawan kerajaan di masa penjajahan.

Penyerahan benda pusaka itu diberikan langsung oleh Raja Gowa ke 38, Andi Kumala Idjo Karaeng Lembang Parang dan disaksikan langsung oleh Pjs Bupati Gowa, Aslam Patonangi dan Forkopimda.

“Alhamdulillah saya diberikan kepercayaan menyimpan pusaka Kerajaan Gowa, keris kembar dan keris warisan dari Raja Gowa. Amanah ini menunjukkan, saya telah menjadi bagian dari rakyat Gowa sehingga juga harus menjaga marwah Kerajaan,” kata Tjahjo kepada wartawan.

Sementara Andi Kumala Idjo, pemberian benda pusaka itu adalah bukan yang pertama. Tjahjo sendiri adalah orang ke tujuh yang dipercaya untuk menjaga benda bersejarah ini.

Kata dia, keris ini dibuat pada ratusan tahun silam dari bahan dasar logam meteorit yang jatuh ke bumi, dan dibuat oleh pandai besi tanpa ditempa dan dipanaskan dengan api.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...