Kejutan Oktober

Disway

Oleh: Dahlan Iskan

MEME ini lucu sekali:Presiden Trump awalnya bilang bahwa virus Covid-19 itu masuk ke Amerika dari Tiongkok.Setelah ia sendiri terkena Covid ia bilang: virus yang mengenainya itu datang dari Tuhan.Berarti Trump itu sebenarnya menganggap Tiongkok itu Tuhan.

Humorlah yang sering mengendorkan ketegangan.

Bagi yang tidak suka humor, ada yang perlu ditunggu dari Trump. Yakni ’’Kejutan Oktober.’’ Seperti yang diramalkan terjadi di bulan ini.Syukurlah kejutan itu tidak datang. Sampai Oktober sudah menginjak tanggal 12.

Begitulah. Semula banyak yang meramal Trump akan membuat  ’’Kejutan Oktober’’ ~untuk menaikkan elektabilitasnya yang hancur. Dan yang disebut ’’Kejutan Oktober’’ itu adalah:

(1) menghancurkan pulau buatan Tiongkok di Laut China Selatan. Secara militer. Mungkin pakai mortir. Atau bom.

(2) memberi pengakuan resmi bahwa Taiwan adalah sebuah negara terpisah dari Tiongkok.Yang pertama itu bisa membuat perang antara armada Amerika dan Tiongkok. Perangnya di tengah laut.

Kurang seru.

Yang kedua, bisa membuat Tiongkok sulit mengambil keputusan. Biar pun AS mengakui Taiwan, tidak mungkin Tiongkok menyerang Amerika. Jauh. Dan bisa membuat sulit.

Mau menyerang Taiwan? Sulit juga. Tiongkok hanya berjanji akan menyerang Taiwan kalau Taiwan menyatakan merdeka. Tapi ini bukan Taiwan yang memproklamasikan diri merdeka. Ini Amerika yang memberikan pengakuan.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...