Masuk Tahap Kampanye, Bawaslu Ingatkan KPU untuk Serahkan APK dan BK keTim Paslon

Komisioner Bawaslu Sulsel, Saiful Jihad

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Memasuki hari ke 18 tahapan kampanye pemilihan 2020, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Selatan menemukan terdapat beberapa KPU di kabupaten/kota yang belum menyerahkan Alat Peraga Kampanye (APK) dan Bahan Kampanye (BK) ke Tim Pasangan Calon.

Komisioner Bawaslu Sulsel, Saiful Jihad mengatakan proses penyerahan APK dan BK dari KPU kabupaten kota ke Tim Paslon belum rampung 100 persen.

Olehnya, Bawaslu Sulsel mengingatkan agar hak para Paslon dapat dipenuhi dengan menyegerakan penyerahan APK dan BK ke Tim Paslon.

Kendati demikian, Saiful mengaku, keterlambatan KPU menyerahkan APK dan BK disebabkan masih menunggu hasil cetakan selesai.

“Hak ini juga sudah menjadi hak para paslon untuk memasang alat peraga kampanye. Semoga KPU di daerah dapat segera menyelesaikan,” ucapnya, Rabu (14/10/2020).

Berdasarkan data pengawasan Bawaslu yang menunjukkan bahwa dari 12 Kabupaten Kota yang melaksanakan Pilkada, tercatat hanya 3 kabupaten saja yang merampungkan penyerahan APK dan BK-nya kepada Tim Paslon.

Kabupaten tersebut adalah Kabupaten Barru, Kabupaten Luwu Utara dan Kabupaten Soppeng.

“Sedangkan Kabupaten Gowa dan Kabupaten Selayar telah menyerahkan APK-nya, namun untuk BK masih menunggu proses pencetakan,” ungkap Saiful.

Saiful menambahkan, di Kabupaten Luwu Timur, APK dan BK untuk 1 paslon telah diserahkan. Sementara untuk 1 paslon lagi masih menunggu proses cetak.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...