Tim Riset Microsoft Temukan Ransomware Canggih yang Berevolusi

Ilustrasi Ransomware. (ist)

FAJAR.CO.ID, TEKNO — Seperti namanya, ransomware adalah perangkat lunak berbahaya yang dibuat untuk mencuri dan mengambil data pengguna.

Data tersebut disimpan untuk tebusan, dengan pengguna harus membayar untuk menerima data kembali. Sekarang, ransomware canggih baru telah ditemukan yang agak sulit dideteksi dan menjadi ancaman baru.

Awal bulan ini, Tim Riset Pembela Microsoft 365 menulis laporan tentang evolusi terbaru ransomware seluler.

Dalam laporan tersebut, tim peneliti menemukan bagian dari ransomware Android yang sangat canggih dengan teknik dan perilaku baru, mencontohkan evolusi cepat dari ancaman seluler yang juga telah kami amati pada platform lain.

Ransomware seluler, yang dideteksi oleh Microsoft Defender untuk Endpoint sebagai AndroidOS / MalLocker.B, adalah varian terbaru dari ransomware yang sudah ada selama beberapa waktu tetapi terus berkembang tanpa henti.

Keluarga ransomware ini sudah lama dikenal dan ditemukan di berbagai website serta beredar secara online melalui forum, berbagai pop up ads, cracked games, dan bentuk media lainnya.

Menurut laporan PhoneArena, laporan tersebut juga menambahkan bahwa varian baru menarik perhatian tim riset karena merupakan malware tingkat lanjut dengan karakteristik dan perilaku jahat, namun berhasil menghindari banyak perlindungan yang tersedia, dengan mendaftarkan tingkat deteksi yang rendah terhadap solusi keamanan.

Lebih jauh lagi, para peretas tampaknya sedang mengembangkan malware ini dengan menggunakan berbagai fitur aksesibilitas dan virus terus menjadi lebih baik pada tujuan yang dimaksudkan.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...