Warga Pulau Sembilan Derita Gizi Kurang, Kepala Puskesmas: Pola Istirahat Tidak Teratur

Irwan, penderita gizi kurang diperiksa oleh petugas Puskesmas Pulau Sembilan, Rabu (14/10/2020)

FAJAR.CO.ID, SINJAI — Warga Dusun Pulau Katindoang, Desa Pulau Persatuan, Kecamatan Pulau Sembilan, Sinjai, Irwan menderita penyakit gizi kurang. Hal ini diduga disebabkan karena pola istirahat yang tidak teratur.

Kepala Puskesmas Pulau Sembilan, Agus Salim mengaku telah mengunjungi kediaman Irwan bersama tim untuk memastikan penyakit yang dialaminya.

Berdasarkan diagnosa sementara, Irwan menderita cerebal palsi dan gizi kurang. Ini disebabkan karena pola istirahat yang tidak teratur dan penyakit lainnya.

Selain itu, pihaknya tidak memberikan Pemberian Makanan Tambahan (PMT). Sebab, Irwan tidak masuk umur sasaran. Sementara PMT diberikan hanya sampai batas usia 59 bulan.

“Kami pernah kunjungi saat pendataan keluarga sehat tahun 2019, hanya karena pandemi kita tidak kunjungi lagi,” kata Agus Salim, Rabu (14/10/2020).

Oleh karena itu, Agus Salim meluruskan informasi terkait gizi buruk yang diderita Irwan melalui keluarganya. Gizi kurang dan gizi buruk ditentukan dengan pengukuran. Bukan melihat postur tubuh saja.

Atas kondisi tersebut, pihaknya telah memberi edukasi agar dirujuk ke rumah sakit. “Kami juga sudah koordinasi ke Pemerintah Desa dan mereka sampaikan siap membantu atas pelayanan yg dibutuhkan oleh Irwan,” tambahnya. (sir/fajar)

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...