Kapal dengan 10 Penumpang Terbakar di Perairan Samalona, Begini Simulasi Latihan Evakuasi Basarnas Makassar

Simulasi pertolongan kapal terbakar. (IST)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR- Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Makassar menggelar latihan SAR daerah bersama DitPolair, KKP Makassar, VTS Makassar dan potensi SAR dari beberapa kampus lembaga mahasiswa. Disimulasikan Kapal KM Samudra Nusantara terbakar di Perairan Samalona, Kamis (15/10/2020).

Kepala Kantor SAR Makassar, Mustari menyebutkan dalam latihan tersebut proses evakuasi kapal terbakar dengan korban berjumlah 10 orang dan melibatkan 15 personel yang terbagi dua SRU.

“Tim SAR berhasil mengevakuasi tujuh orang korban ke dermaga Petikemas Pelindo IV. Dua diantaranya meninggal dunia dan seorang dievakuasi langsung oleh keluarga korban di Pulau Lae-Lae,” terang Mustari.

Ia menjelaskan, keseluruhan korban berhasil dievakuasi diberi tindakan medis lanjutan oleh tim yang berada di posko di dermaga Petikemas Pelindo.

Ditanyai terkait kendala dalam proses evakuasi, Mustari menuturkan yakni kondisi gelombang di perairan Samalona yang cukup tinggi.

Sementara itu, Direktur Operasi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, Brigjen TNI Marinir, Rasman yang turut hadir langsung pada giat tersebut menambahkan, jika latihan SAR daerah ini ditujukan untuk meningkatkan kemampuan personel dan alut yang dimiliki Basarnas tentunya.

“Personel ini, tentu dari berbagai potensi, baik dari kepolisiaan hingga lembaga kemahasiswaan. Sehingga selain sebagai bentuk edukasi, juga untuk menjalin sinergitas semua unsur tentunya.

Selain itu, sambung Rusman, pelatihan ini adalah program tahunan Basarnas.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...