Konsultan Pertanian Sulsel Ajak Pengusaha Lokal jadi Produsen Pupuk Murah Berkualitas Tinggi

Konsultan pupuk, Abd Rahim

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Jasa Konsultan Pupuk dan Budidaya Pertanian Sulsel, sekaligus peracik/formulator pupuk organik yang berpengalaman hampir 30-an tahun di pulau Jawa, Abd Rahim, mengemukakan banyaknya produsen pupuk yang bermunculan hingga saat ini, justru dinilai masih kurang membantu meringankan beban petani dalam membiayai budidaya pertaniannya.Khususnya terkait biaya pupuk bagi tiap petani.

“Harga pupuk, produk dari perusahaan swasta sebagian besar masih mahal sehingga petani umumnya masih mencari pupuk subsidi yang harganya jauh lebih murah,” ujar Rahim, Konsultan Pupuk dan Budidaya di Makassar, Rabu ini.

Namun, masih ada juga petani yang kerap mengeluhkan kelangkaan pupuk subsidi yang harga terjangkau untuk kebutuhan tanaman budidaya petani.

Rahim mengemukakan konsep pemupukan pertanian dan perkebunan nasional sebaiknya segera diubah, dari konsep penggunaan pupuk kimia beralih menggunakan pupuk organik.

Penggunaan pupuk kimia yang berlebihan oleh petani umumnya, justru makin menurunkan produktifitas hasil panen petani dari tahun ke tahun.Kandungan kimia pada komoditi tanaman pertanian dan perkebunan justru dinilai tidak baik bagi kesehatan masyarakat.

Berbeda dengan konsep pemupukan berbahan organik yang justru mengembalikan kesuburan tanah dan meningkatkan unsur hara pada lahan yang dibutuhkan oleh setiap tanaman.Tanaman pertanian juga akan terbebas dari kandungan kimia dari pemupukan yang dilakukan petani.

Rahim mengajak pemodal lokal Sulsel, untuk memproduksi pupuk organik untuk dipasarkan ke para petani dengan harga yang meringankan petani.Sebagai bagian dari perhatian para pengusaha lokal untuk membantu petani memperoleh pupuk berkualitas dengan harga sangat terjangkau.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...