KPU Gowa Masifkan Sosialisasi Kolom Kosong

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID, GOWA — Pasca penetapan pasangan calon tunggal di Pilkada Gowa, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gowa secara masif melaksanakan sosialisasi kolom kosong bersama Panitia Pemilihan Kecamatan (PPS) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang bergerak di 18 Kecamatan dan 167 Desa dan Kelurahan.

Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat KPU Kabupaten Gowa, Nuzul Fitri, mengatakan, sosialisasi dilakukan secara masif dengan tatap muka, door to door atau melalui penyebaran bahan sosialisasi hingga pengenalan specimen surat suara.

Sosialisasi ini kata Fitri bertujuan mengenalkan kepada masyarakat tentang pelaksanaan Pilkada Gowa yang hanya ada satu kontestan dan adanya kolom kosong sebagai pilihan alternatif masyarakat pada pemungutan suara di TPS.

Masyarakat disampaikan bahwa mencoblos kolom kosong itu sah dan pilihan untuk tidak menggunakan hak pilih atau dikenal dengan istilah golput tidak sama dengan memilih kolom kosong.

“Kewajiban sosialisasi kolom kosong oleh penyelenggara diatur melalui Peraturan KPU nomor 13 Tahun 2018. Dengan demikian diharapkan masyarakat mendapatkan edukasi dan informasi tata cara pemungutan suara di TPS tgl 9 Desember 2020,” katanya. (mum)

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...