Pandemi Covid-19, Survei: Kesadaran Cuci Tangan Naik 2 Kali Lipat

ILUSTRASI. Kini masyarakat mulai sadar dan disiplin untuk hidup lebih bersih dan sehat. Salah satunya dengan cara sederhana yakni mencuci tangan pakai sabun. (USA Today)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Era pandemi Covid-19 memang bisa mengubah perilaku seseorang. Kini masyarakat mulai sadar dan disiplin untuk hidup lebih bersih dan sehat. Salah satunya dengan cara sederhana yakni mencuci tangan pakai sabun.

Dilansir dari laman resmi Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC) Amerika Serikat, Kamis (15/10), kebersihan tangan merupakan salah satu langkah penting untuk mencegah penyebaran Covid-19 dan patogen lainnya. Responden survei internet dewasa AS pada Juni 2020 lebih cenderung ingat untuk mencuci tangan setelah mengalami gejala pernapasan, sebelum makan di restoran, dan sebelum makan di rumah daripada responden survei Oktober 2019.

Upaya kesehatan masyarakat harus terus mempromosikan cuci tangan yang sering untuk semua. Fokus khusus harus diberikan pada dorongan untuk mencuci tangan pada saat-saat penting seperti sebelum makan dan setelah mengalami gejala pernapasan.

“Sering mencuci tangan, terutama pada saat seseorang kemungkinan besar tertular dan menyebarkan patogen, adalah salah satu langkah penting untuk membantu mencegah penyebaran SARS-CoV-2, virus penyebab penyakit Covid-19 serta patogen lain yang disebarkan melalui transmisi pernapasan atau fecal-oral,” ungkap CDC dalam keterangan resmi.

Penelitian merujuk pada kebiasaan orang dewasa di seluruh dunia selama pandemi Covid-19. Untuk studi ini, data survei dari Oktober 2019 (prepandemi) dan Juni 2020 (selama pandemi) dibandingkan untuk menilai perubahan pada orang dewasa dalam mengingat untuk mencuci tangan dalam enam situasi.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...