Utang Indonesia Masuk 10 Besar, Netizen: Cie Top Global

ILUSTRASI. (int)

FAJAR.CO.ID — Bank Dunia (World Bank) telah merilis laporan International Debt Statistics (IDS) 2021 atau Statistik Utang Internasional. Dalam laporan itu, Indonesia masuk ke dalam daftar 10 negara berpendapatan kecil-menengah dengan utang luar negeri terbesar di dunia.

Merujuk pada publikasi bersama Kemenkeu dan BI, yaitu Statistik Utang Luar Negeri Indonesia (SULNI) maka utang LN Indonesia terdiri dari ULN pemerintah pusat, BUMN dan swasta.

Kementerian Keuangan pun menanggapi laporan tentang utang Indonesia. Kementerian menilai utang Indonesia masih relatif kecil dibandingkan dengan negara anggota G20.

Hal itu dikarenakan pemerintah telah sebaik mungkin mengelolanya dengan hati-hati dan akuntabel.

“Pemerintah mengelola utang dengan prinsip kehati-hatian (pruden) dan terukur,” kutipan tertulis dilansir dari laman ANTARA, Rabu (14/10/2020).

Pada paparan perbandingan terlihat utang Indonesia di antara negara-negara lain terhitung besar karena ekonomi Indonesia masuk dalam kelompok negara G-20 pada urutan ke-16.

Menurut Kementerian Keuangan, dengan ekonomi yang besar maka utang pemerintah yang tanpa BUMN dan swasta masih relatif rendah yakni 29,8 persen pada Desember 2019.

Bukan hanya itu, Kementerian Keuangan juga menyebutkan, jika dilihat dari daftar 10 negara maka posisi Indonesia jauh di bawah negara lain yang sebagian besar utang pemerintahnya di atas 50 persen.

Negara-negara tersebut yakni China 46,8 persen, Brazil 76,5 persen, India 68,3 persen.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...