Sebut Jerinx SID Ada Unsur Menghina IDI, tapi Gagal Temukan Sinonim Kacung

Jumat, 16 Oktober 2020 08:33

Saksi ahli bahasa Wahyu Aji Wibowo saat memberikan kesaksiannya di depan majelis hakim PN Denpasar kemarin (Adrian Suwan...

“Makna kacung yaitu pelayan atau pesuruh. Sedangkan makna pesuruh adalah orang yang disuruh-suruh. Sekarang kembali ke makna kata tersebut,” jelas Wahyu.

Menurut Wahyu, dari frasa “kacung WHO”, pihak yang dituju terdakwa yaitu IDI. Selain itu, “kacung WHO” juga bermakna menganggap bahwa IDI hanya sebagai pihak yang disuruh-suruh, sehingga ada unsur penghinaan dan pencemaran nama baik.

JPU Otong kemudian menanyakan makna kata “bubarkan IDI” yang ada dalam postingan JRX. Dijelaskan Wahyu, bubarkan adalah kata perintah atau keinginan dari penulis.

“Kata bubarkan bermakna IDI dibubarkan karena tidak penting,” tutur Wahyu. “Kalau makna emoticon babi?” lanjut Otong memancing ahli.

Wahyu mengungkapkan, jika dilihat dari postingan sebelumnya, ada rasa tidak menyukai terdakwa terhadap IDI, kemudian muncul emoticon babi.

“Karena babi selain bermakna binatang, juga menunjukkan ungkapan kasar,” beber pria asal Banyumas, Jawa Tengah, itu.

Akibat postingan itu bisa menimbulkan atau membangkitkan kebencian atau rasa tidak suka terhadap sesuatu.

Jaksa kemudian menyoal postingan JRX pada 15 Juni yang menyebut ada konspirasi kematian dokter. Jaksa menanyakan makna konspirasi pada ahli.

“Konspirasi adalah persekongkolan. Terdakwa memiliki tujuan bahwa Covid-19 tidak setakut yang dibayangkan,” terang Wahyu.

“Apakah ini bermakna pencemaran nama baik?” sambung Otong. “Iya,” jawab Wahyu singkat. JPU kemudian menyoal kalimat tidak akan berhenti menyerang IDI yang ditulis terdakwa.

Bagikan berita ini:
1
2
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar