Solusi Appi-Rahman Tangani Sampah di Makassar, Bangun TPA Terbesar se-Asia Tenggara


FAJAR.CO.ID, MAKASSAR- Calon Wali kota dan wakil Wali kota Makassar, Munafri Arifuddin-Abd Rahman Bando (Appi-Rahman) memandang persampahan di Makassar masih menjadi salah satu masalah yang cukup serius.

Data dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Makassar tahun 2020 mencatat, volume sampah yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Jl Tamangapa Antang, Kecamatan Manggala mencapai 900-1200 ton per harinya.

Jumlah ini cukup besar sehingga kondisi TPA sekarang sudah dalam status over kapasitas.

Alhasil permasalahan kerap muncul, utamanya di musim kemarau kebakaran tumpukan sampah di TPA Antang ini selalu menjadi momok yang tentunya mengganggu kesehatan warga sekitar.

Produksi sampah di Makassar tentu tak bisa terelakan lantaran sejalan dengan pertumbuhan jumlah penduduk.

Menurut Appi sapaan Munafri, kondisi ini tak bisa dibiarkan secara terus menerus terjadi.

Dalam programnya jika nanti terpilih sebagai Wali kota Makassar, Appi akan membangun pengolahan sampah terbesar Asia Tenggara.

Program pembangunan pengolahan sampah terbesar di Asia Tenggara ini menurut Appi masuk dalam program pilar keberlanjutan Appi-Rahman.

“Modelnya kita akan revitalisasi TPA dengan sistem Sanitary Landfill atau sistem pengelolaan sampah dengan cara membuang dan menumpuk sampah di lokasi cekung, kemudian dipadatkan dan menimbunnya dengan tanah,” terangnya saat kampanye di Jl Sabutung Baru, RT 03 RW 03, Kelurahan Cambayya, Tallo, Jumat (16/10/2020).

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...