574 Pasien Covid-19 Dirawat di 5 Hotel Isolasi Mandiri

Ilustrasi pasien Covid-19 tengah dirawat petugas medis (AFP)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Sejumlah hotel isolasi mandiri telah disiapkan pemerintah untuk masyarakat yang terpapar COVID-19 tanpa gejala alias (OTG). Di Provinsi DKI Jakarta, sebanyak 574 pasien saat ini sedang menjalani proses tersebut. Mereka tersebar di lima hotel yang ditunjuk oleh pemerintah.

Dari lima hotel isolasi mandiri itu, masih tersedia 391 tempat tidur dari total kamar yang disiapkan untuk 708 tempat tidur. Dengan rincian Hotel U Stay Mangga Dua tersedia 49 tempat tidur dari kapasitas hunian 180 tempat tidur. Ibis Style Hotel Mangga Dua tersedia 130 tempat tidur dari kapasitas hunian 336 tempat tidur.

Selanjutnya, Hotel Ibis Senen 35 tempat tidur dari total kapasitas 190 tempat tidur. Kemudian di MaxOne Sabang tersedia 140 tempat tidur dari kapasitas 174 tempat tidur. Lalu, Grand Asia Hotel ada 37 tempat tidur dari kapasitas 120 tempat tidur. Sedangkan Hotel Kyriad di Kota Tangerang, Banten, tersedia 104 tempat tidur dari kapasitas hunian 165 tempat tidur.

Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito mengatakan hotel yang disiapkan hanya untuk pasien OTG. Tak hanya di Jakarta. Pemerintah juga menyiapkan sejumlah hotel di sejumlah daerah. Pasien dengan gejala OTG dapat menghubungi pihak dinas kesehatan setempat jika akan melakukan isolasi mandiri.

“Ini adalah upaya pemerintah untuk memberikan perlindungan kepada warga masyarakat. Namun, publik juga diharapkan tetap disiplin melakukan 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak). Lakukan 3M dimana pun dan kapan pun. Ini adalah cara paling efektif mencegah penularan,” tegas Wiku. (rh/fin)

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...