Bakal Kucur, Bantuan Rp25 Juta per Kelompok Petani

ILUSTRASI

FAJAR.CO.ID, TEMANGGUNG – Petani di Kabupaten Temanggung akan menerima bantuan dari pemerintah daerah setempat yakni sebanyak Rp25 juta untuk setiap kelompok tani.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Temanggung Joko Budi Nuryanto menjelaskan, bantuan ini nantinya akan digunakan untuk subsidi hibah ke kelompok tani. Bantuan sebesar Rp25 juta tersebut untuk pembelian pupuk, benih, dan pestisida.

“Setiap kelompok mendapat subsidi Rp25 juta, subsidi akan dibagikan dalam bentuk barang kepada anggota kelompok tani,” jelas Joko seperti dikutip dari Magelang Ekspres (Fajar Indonesia Network Grup), kemarin.

Menurutnya, bantuan atau subsidi yang diberikan ini tidak banyak jika dibandingkan dengan kebutuhan petani pada saat mulai tanam. Untuk padi saja ongkos produksinya butuh hampir Rp18 juta per hektar.

“Niat kita adalah memberi subsidi, membantu petani karena dampak Covid-19 ini supaya tetap bisa berusaha di musim tanam berikutnya,” ujarnya.

Joko menuturkan, dampak pandemi Covid-19 ini memang dirasakan oleh semua lapisan masyarakat, tidak terkecuali petani. Oleh karena itu subsidi ini memang untuk ketahanan pangan, karena dampak Covid-19 ini kemampuan petani juga sedikit menurun.

Diharapkan, adanya subsidi ini dapat meringankan beban petani saat memasuki masa tanam di tengah pandemi Covid-19.

“Harapannya dengan pemberian subsidi itu dapat membantu petani, memang belum semua karena kita sesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah,” harapnya.

Komentar


KONTEN BERSPONSOR