Diduga Jamu Dua Jenderal Tersangka, Kajari Jaksel Bakal Diperiksa Komjak

Senin, 19 Oktober 2020 19:57

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Komisi Kejaksaan (Komjak) memastikan, pihaknya bakal memeriksa Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan (Kajari Jaksel) Anang Supriatna. Hal ini terkait dugaan penjamuan khusus Anang kepada Irjen Napoleon Bonaparte dan mantan Brigjen Prasetijo Utomo. Diketahui keduanya merupakan tersangka kasus dugaan suap terkait penghapusan nama Djoko Tjandra dalam daftar red notice Polri.

Dugaan ini mencuat setelah tim kuasa hukum Prasetijo, Petrus Bala Pattyona mengunggah foto makan siang di Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan. Hal ini pun lantas menimbulkan berbagai persepsi publik.

“Kami akan dalami informasi ini dan meminta keterangan atau penjelasan bagaimana hal tersebut terjadi sehingga semua terang termasuk alasan-alasannya,” kata Ketua Komjak Barita Simanjuntak dikonfirmasi, Senin (19/10).

Menurut Barita, memberikan makan siang kepada tersangka dan tim kuasa hukum merupakan hal yang wajar, bagi semua tersangka tanpa kecuali. Hal ini didasari semua orang sama di hadapan hukum, tidak ada yg diistimewakan berdasarkan prinsip equlity before the law dan due process of law.

Namun, agar prinsip tersebut diimplementasikan dengan baik, setiap pelaksanaannya harus sesuai standar operasional prosedur (SOP) yang berlaku di Kejaksaan.

“Tentu saja dalam pelaksanaan tugas dan kewenangan tersebut termasuk dalam hal di atas harus berdasarkan ketentuan sehingga semua aspek dapat dipertanggungjawabkan kalau ada pertanyaan-pertanyaan dari masyarakat,” pungkasnya.

Komentar


VIDEO TERKINI