KIR SMAN 11 Pinrang Racik Daun Kelor Jadi Masker Wajah Alami


FAJAR.CO.ID, PINRANG — Euis Santika Putri Lestari, Hanum Salsabilah, dan Eka Aprilia, ketiganya aktif dalam organisasi Kelompok Ilmiah Remaja Rumah Cahaya (KIR-RC) SMA Negeri 11 Pinrang.

Sebagai organisasi yang sangat mendukung visi misi sekolah, KIR-RC SMA Negeri 11 Pinrang selalu mencari solusi dalam menyelesaikan persoalan-persoalan yang dialami siswa di sekolah.

Salah satunya adalah maraknya penggunaan kosmetik yang tidak jelas kandungan bahan-bahan pembuatannya. Ketiga anggota KIR-RC tersebut merasa khawatir kosmetik tersebut mengandung hydrokuinone, mercuri, dan zat-zat kimia aktif berbahaya lainnya yang dapat membahayakan kesehatan siswa.

Menangani persoalan kosmetik ini, Euis, Hanum, dan Eka dibantu oleh Pembina KIR Idarahma Ibrahim, dan anggota KIR lainnya mencoba memanfaatkan sumber daya alam yang ada di sekitar asrama SMAN 11 Pinrang.

Moringa Oleifera (Daun Kelor) dikenal sebagai daun ajaib dengan bermacam-macam khasiat dipilih oleh ketiga siswa ini. Ditambahkan dengan 2 bahan alami lainnya, Curcuma Zedoaria (Kunyit Putih) dan Oryza Zativa (Beras Putih) daun kelor diolah menjadi masker wajah alami. Pengolahan ini dilakukan di laboratorium kimia SMA Negeri 11 Pinrang pada awal bulan Oktober 2020.

Ketiga bahan alami ini mengandung zat-zat yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Dikutip dari www.gooddoctor.co.id bahwa kandungan anti oksidan dari daun kelor dapat melindungi kulit dan rambut dari radikal bebas.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...