Ngaku Bisa Urus Tunjangan Veteran, IRT Ini Raup Puluhan Juta

ILUSTRASI. Penipuan

FAJAR.CO.ID, TAKALAR – Akal licik Syarifa, 40 tahun ternyata dijadikan alat untuk menipu beberapa warga di Kabupaten Takalar. Khususnya bagi warga di wilayah penghasil tanaman jagung ini.

Syarifa membuka pendaftaran pengurusan gaji veteran dengan berdalih, korbannya akan mendapat gaji pensiunan meskipun orang tersebut bukanlah seorang pejuang kemerdekaan atau hanya warga sipil saja.

Berdasarkan dari laporan seorang korban, polisi pun langsung menangkap Syarifa beserta uang tunai hasil penipuannya yang berjumlah puluhan juta rupiah.

“Kemudian kita memancing tersangka dengan alasan, ada lagi korban ingin dimintai pengurusan (berkas tunjangan veteran),” kata Kasat Reskrim Polres Takalar, AKP Arham Gustiyan, Senin (19/10/2020).

Saat diinterogasi lebih lanjut, tersangka Syarifa mengakui, aksinya itu rupanya sama sekali tidak ada kaitannya dengan pengurusan gaji pensiunan sebagai seorang veteran.

“Kita telah melakukan penyelidikan mendalam, dan ternyata si tersangka ini tidak ada sama sekali kaitannya dengan pengurusan tunjangan veteran,” tambahnya saat dikonfirmasi.

Meski korbannya masih satu orang, bernama Sani dg Rate, 90 tahun, namun pria lanjut usia ini sudah mengalami kerugian mulai hingga Rp25 juta rupiah.

Kendati demikian, polisi tetap melakukan penelusuran lebih dalam yang dicurigai masih ada korban lain yang belum diungkap tersangka.

“Pelaku kami jerat Pasal 378 KUHPidana dengan ancaman hukuman empat tahun penjara,” tegas perwira tiga balok ini. (Ishak/fajar)

KONTEN BERSPONSOR

Komentar